MySpace

Contoh Poster :

Laporan Perjalanan

C
erita ini berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman ketika study tour ke Jawa Tengah, Yogyakarta selama 4 hari.

Kamis, 23 Februari 2012

Setelah sholat dzuhur saya kumpul disekolah dan membawa semua barang-barang yang akan saya bawa ke Yogya dan tak lupa berpamitan dengan kedua orang tua saya. Lalu, setelah sampai disekolah saya dan teman-teman langsung masuk kedalam bus dan kami semua diabsen satu per-satu. Sekitar jam 13.30 barulah kami memulai perjalanan menuju Yogyakarta. Selama perjalanan didalam bus kami semua bercanda, tertawa, menyanyi bersama, dan saling tukar snack yang kami bawa masing-masing. Sekitar jam 15.30 bus kami berhenti di rest area tol Cikampek KM 57 untuk melaksanakan sholat ashar berjamaah. Setelah selesai sholat kami meneruskan perjalanan sampai jam 18.30 bus kami berhenti lagi untuk sholat maghrib, isya dan makan malam dirumah makan Sindang  Heula didaerah Indramayu. Setelah selesai makan kami semua sholat maghrib dan isya berjamaah. Lalu, perjalanan menuju Yogyakarta pun dilanjutkan. Karena saya sudah lelah saya memutuskan untuk tidur dan berharap akan segera sampai di Yogya dengan cepat.

Jum’at, 24 Februari 2012
Jam 03.19 dini hari saya dan teman-teman yang sedang tertidur pulas dibangunkan untuk mandi, sholat shubuh, dan sarapan pagi. Kami sudah tiba di Orang Utan Resto didaerah Magelang. Dengan bermalas-malasan saya menuju kamar mandi untuk cuci muka, sikat gigi, dan berwudhu. Setelah sholat shubuh saya bermain-main dengan teman-teman sambil menunggu sarapan pagi, sesudah sarapan pagi kami semua segera melanjutkan perjalanan menuju Candi Borobudur. Sekitar jam 07.00 pagi kami semua sudah sampai ditempat wisata Candi Borobudur. Sesampai disana kami dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok putra dan putri masing-masing kelompok dibimbing oleh seorang guide. Disana kami mencatat tentang asal muasal Candi Borobudur yang diceritakan oleh guide kami. Setelah puas berwisata di Candi Borobudur kami melanjutkan perjalanan menuju Ketep Pass. Sekitar jam 10.30 kami sudah sampai di Ketep Pass, disana kami mengunjungi museum gunung Merapi Ketep Pass Magelang yang dimana kami bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dan kami juga menyaksikan film saat Gunung Merapi meletus dengan dahsyatnya pada Oktober 2010 lalu. Setelah puas menikmati pemandangan Gunung Merapi kami melanjutkan perjalan lagi untuk makan siang di Orang Utan Resto dan sholat dzuhur serta sholat ashar. Jam 13.30 kami melanjutkan perjalanan menuju kota Yogyakarta. Jam 15.30 kami tiba di Hotel Brongto, Yogyakarta. Setelah diberikan kunci kamar saya dan ke3 orang teman saya langsung bergegas menuju kamar 104. Setiba dikamar kami langsung merapikan barang-barang dan istirahat. Jam 16.00 kami semua sudah selesai mandi sore dan berkumpul diaula untuk melaksanakan sholat maghrib berjamaah dan makan malam. Setelah selesai makan malam bersama saya langsung menuju kamar untuk tidur. Tetapi sesampai dikamar saya dan teman-teman tidak bisa tidur kami semua bercanda, akhirnya kami semua baru bisa tidur jam 22.00 malam.

Sabtu, 25 Februari 2012
Jam 05.00 shubuh kami sudah dibangunkan oleh Pak Basyar untuk sholat shubuh berjamaah. Dengan bermalas-malasan saya mengambil air wudhu dan segera menuju ke aula untuk sholat shubuh. Setelah sholat shubuh saya melanjutkan tidur lagi sampai jam 06.00 saya baru mandi pagi. Setelah mandi pagi kami semua sarapan pagi dan bersiap-siap menuju Kraton Yogyakarta. Jam 09.00 kami semua baru bisa masuk kedalam Kraton Yogyakarta dan seperti biasa kami dibagi menjadi 2 kelompok putra dan putri dan masing-masing kelompok dibimbing oleh seorang guide. Sehabis dari Kraton kami menuju Museum Biologi di Yogyakarta. Museum ini mengkhususkan pada koleksi flora (70%) dan fauna (30%) = 3.752 spesimen. Setelah berkunjung ke Museum Biologi kami melanjutkan perjalanan ke Candi Prambanan. Bangunan di Candi Prambanan sebagian sudah banyak yang runtuh akibat gejala alam. Setelah dari Candi Prambanan kami menuju ke tempat wisata belanja di Malioboro. Disana kami berbelanja oleh-oleh sampai jam 16.45 setelah puas berbelanja kami menuju hotel sekitar jam 17.30 kami sudah sampai dihotel, kami istirahat sejenak dan langsung mandi bersiap-siap untuk sholat maghrib, sholat isya, dan makan malam bersama. Setelah sholat maghrib kami semua makan malam bersama, setelah makan sambil menunggu waktu isya kami bermain-main diaula. Setelah masuk waktu isya kami semua bergegas mengambil air wudhu dan sholat isya berjamaah, setelah sholat isya kami bersiap-siap untuk acara pentas seni antar kelas. Pertama-tama acara itu dibuka oleh sambutan ketua yayasan Annajah dan kepala sekolah, lalu penampilan tari saman. Setelah tari saman barulah acara pentas seni antar kelas, kelas saya yaitu 8.1 membawakan drama monolog yang berjudul “Monolog Negeri Sengsara” dan grup vocal. Acara selesai sekitar jam 23.00 malam, setelah selesai kami semua langsung masuk kekamar masing-masing. Sebelum tidur saya packing terlebih dahulu karena esok hari akan kembali ke Jakarta pagi-pagi sekali. Saya dan teman-teman baru bisa tidur tepat dijam 00.00

Minggu, 26 Februari 2012
Seperti biasa jam 05.00 shubuh saya sudah dibangunkan untuk sholat shubuh berjamaah. Setelah sholat shubuh saya kembali kekamar untuk mandi setelah selesai mandi saya kembali merapikan barang-barang saya dan berharap tidak ada yang tertinggal. Lalu, saya membawa semua barang-barang saya ke bus, setelah itu saya sarapan pagi bersama teman-teman. Setelah sarapan sekitar jam 07.00 kami bersiap-siap check out dari Hotel dan bersiap menuju Jakarta. Perjalanan menuju Jakarta terasa sangat lama dan sangat panjang. Setelah capek bercanda saya tertidur dan setelah saya bangun kami telah tiba di Rumah Makan Taman Sari Rasa di daerah Cilacap. Setelah makan kami semua sholat dzuhur dan menjama’ sholat ashar. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan lagi, selama diperjalanan kami semua tiada hentinya bercanda. Sekitar jam 18.00 kami berhenti lagi untuk makan malam di Rumah Makan Pringsewu dan sholat maghrib. Sesudah makan kami melanjutkan perjalanan lagi menuju Jakarta, saya pun tertidur pulas karena lelah. Sekitar jam 21.30 kami berhenti di rest area tol Cikampek KM 60 dan melanjutkan kembali perjalanan menuju Jakarta. Tepat jam 00.00 kami sudah tiba di Jakarta / MTs.Annajah.

Pengalaman study tour ini tidak akan bisa saya lupakan :)

Senin, 13 Februari 2012

Misteri Penemuan "Piramida Garut"

GUNUNG PUTRI DI GARUT MENYIMPAN MISTERI
PIRAMIDA TERBESAR Gunung di Garut, Jawa Barat itu bernama Sadahurip. Namun, ada juga orang yang menyebutnya dengan Gunung Putri, Gunung Leutik, atau Gunung Cinta. Masyarakat lokal bahkan punya sebutan sendiri: gunung keramat.
Bentuknya memang tak biasa. Alih-alih kerucut, bentuk puncaknya mirip bangunan piramida seperti yang ada di Mesir. Gunung Sadahurip atau Gunung Putri kini menjadi buah bibir, gara-gara Tim Bencana Katastropik Purba yang dibentuk Kantor Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana menemukan anomali. Diduga ada bangunan piramida buatan manusia di dalamnya. Sebutan "gunung piramida" pun sontak populer.

Yang luar biasa, "piramida Garut" diperkirakan lebih besar dan jauh lebih tua dibanding Piramida Giza di Mesir. Sekitar 10.000 tahun sebelum Masehi. Dibutuhkan proses eskavasi untuk membuktikan kebenarannya.

Anggota tim, Iwan Sumule mengatakan, semua proses ilmiah dan berbagai metode yang dimungkinkan dan disyaratkan telah dilakukan di sana. Termasuk georadar dan geolistrik, juga pengujian dengan carbon dating. Hasilnya, "ini bukan alami, melainkan man made," kata dia kepada VIVAnews.com, Kamis 1 Desember 2011.

Tim, dia menambahkan, juga menggunakan metode Interferometric Syntetic Aperture Radar (IFSAR). "Dihasilkan gambar yang benar-benar telanjang. Bisa dilihat, (dari gambar) yang berwarna kuning adalah batu. Sementara warna biru adalah air," jelas Iwan.

Jika disinar, batu akan memantulkan cahaya. Itulah yang ditangkap IFSAR. Apakah sudah pernah dilakukan penggalian tanah hingga lapisan batuannya? "Sudah, cuma beberapa meter saja. Batu itu yang kami gunakan untuk tes carbon dating," kata Iwan.

Yang menarik, dari hasil IFSAR bisa dilihat, tak hanya sekedar bentuk piramid. Di sekelilingnya juga nampak batuan, lebih pendek. "Bisa jadi itu piramida yang lebih kecil, atau spinx seperti yang ada di Mesir."

Namun, apa persisnya bentuk bangunan dan peradaban mana yang membangunnya, tim belum bisa memastikan. "Kami belum melakukan eskavasi, kalau sudah, bisa bercerita banyak hal. Soal asal muasal, mengapa ada di situ, dan siapa yang membangunnya. Ada historisnya," kata Iwan.

Kapan eskavasi dilakukan?

Iwan menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan komunikasi intensif dengan instansi terkait, para muspida, serta kepala desa dan masyarakat Garut. "Bahwa ada temuan fenomenal di lokasi yang dikeramatkan oleh penduduk lokal. Kami sedang mencoba membongkar pikiran itu, bisa dirasionalkan," kata dia.

Salah satunya, Iwan menjelaskan, beberapa waktu lalu di sebuah media televisi, Kepala Desa Sukahurip -- tempat gunung berada -- menceritakan, ada banyak kilatan petir dan sinar di sekitar gunung. "Menurut kami, itu masuk akal, karena mengambil sampel di Mesir, piramida tak hanya sekedar kuburan Firaun, tapi ada teknologi di dalamnya," kata dia. Teknologi yang maju -- bahkan untuk ukuran masa kini misalnya, teknologi hidro, pembangkit listrik, dan ada medan magnet. Ada juga literatur yang menyebut piramid dibangun untuk mengantisipasi bah.

Iwan menambahkan, tak hanya masyarakat yang skeptis terhadap temuan tim. Juga beberapa instansi terkait. "Mereka kurang peduli. Antara percaya tidak percaya. Padahal semua metode penelitian sudah kami lakukan, ini temuan yang sangat fenomenal," kata dia. "Harusnya kita sadar dan sangat bangga, ada peradaban besar dan tua yang berada di bumi nusantara."

Citra satelit Gunung Putri sisi Selatan

Surat Kecil Untuk Tuhan :)

Andai aku bisa kembali
Aku tidak ingin ada tangisan di dunia ini

Aku berharap tidak ada lagi hal yg sama terjadi padaku,
Terjadi pada orang lain

Tuhan...

Bolehkah aku menulis surat kecil untuk-Mu

Bolehkah aku memohon satu hal kecil untuk-Mu

Biarkan aku dapat melihat dengan mataku
Untuk memandang langit dan bulan setiap harinya..

Izinkan rambutku kembali tumbuh,
agar aku bisa menjadi wanita seutuhnya.

Bolehkah aku tersenyum lebih lama lagi
Agar aku bisa memberikan kebahagiaan

Tuhan...

Berikanlah aku kekuataan untuk menjadi dewasa
Agar aku bisa memberikan arti hidup
Kepada siapapun yang mengenalku...

Surat kecil-ku ini
Adalah surat terkahir dalam hidupku
Andai aku bisa kembali...

Ke dunia yang kau bisa memberikan kepadaku...